Oleh: kfcngalah | Maret 28, 2009

Profil Organisasi KIR MA – SMK Darut Taqwa

kir-ma-smk-data

KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) adalah organisasi ekstra yang bernaung di sekolah manajemen terpasu MA-SMK DARUT TAQWA Sengonagung Purwosari Pasuruan. Organisasi ini didirikan bermula dari keinginan siswa-siswi devisi minat bakat yang ada di OSIS untuk membentuk ektrakurikuler sendiri yang kompeten di bidang jurnalistik, tulis-menulis dan kreatifitas siswa. Sehingga pada tanggal 23 Februari 2004, mereka keluar dan mulai membentuk ekskul sendiri.Dalam badan organisasinya, KIR terdiri dari tiga devisi utama diantaranya, Mading TOFI (Tempat Obrolan Full Informasi), Buletin As-Shamer dan Majalah MESRA (Media Informasi Siswa Seribu Aksara). Kemudian di pertengahan bulan Januari 2007, devisi buletin berganti nama dengan CANDA (Wacana Anak Darut Taqwa). Dalam meniti perjalanannya, organisasi ini telah mengikuti event-event bergengsi seperti Deteksi Mading Surabaya yang setiap tahunnya diadakan oleh Jawa POS Surabaya. Juga pernah menjuarai lomba di tingkat kabupaten, seperti Mading 2D tingat SLTA se-Kabupaten Pasuruan yang diadakan oleh STAPA Bangil kerja sama dengan P.T. H.M. Sampoerna.

Di setiap waktunya, KIR telah memiliki banyak kegiatan yang berhubungan dengan dunianya, yaitu jurnalistik. Mungkin anda beranggapan, seharusnya KIR itu identik dengan kegiatan penelitian untuk membuat sebuah karya ilmiah, akan tetapi dalam organisasi ini lebih dicondongkan kedunia jurnalistik saja. Dalam perjalanannya, devisi Majalah MESRA setiap tahun selalu terbit untuk mengasah kemampuan siswa yang berkecimpung didalamnya. Hingga saat ini majalah MESRA sudah menerbitkan sampai edisi 6. Meski dibilang masih baru, akan tetapi semangat juang untuk mengisi kemerdekaan dibidang jurnalistik yang dimilki semua anggota tetap berkobar.

Dalam mengorganisir segala sesuatu yang ada di dalamnya, pada periode 2004-2005 telah dibentuk suatu sistem kepengurusan yang pertama dan itu berlangsung hingga tahun ini. Berikut nama-nama siswa yang pernah menjabat sebagai Pengurus KIR mulai tahun 2004-sekarang :

1. M. Firyus Abdillah periode 2004-2005
2. M. Ikhwanus Shobirin periode 2005-2006
3. Nur Khamid periode 2006-2007
4. M. Qomarrudin periode 2007-2008

Di dalam setiap kepemimpinan mereka, telah menghasilkan beberapa perubahan baru diantaranya telah dimilikinya Kantor Redaksi KIR yang sampai saat ini masih tetap terjaga dengan rapi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: