Oleh: kfcngalah | Maret 29, 2009

Bencana Alam

Gunung Soputan Kembali Meletus, 50 Desa Tertutup Debu.

bencana-alam

Suara Manado – Kamis 25/10 : Hanya berselang sebulan sejak letusan sebelumnya, Gunung Soputan yang terletak di antara tiga kabupaten di Sulawesi Utara, Kamis (25/10/2007) siang sekitar pukul 10.00 Wita kembali meletus.

Walaupun tak sekuat letusan pada bulan Agustus lalu, namun diperkiarakan terdapat 50 desa/kelurahan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang terletak di antara Kecamatan Amurang Barat hingga ke Kecamatan Tompasobaru, Tenga, Kumelembuai, Motoling hingga Kecamatan Ranoiapo; terkena kiriman debu dari letusan yang mencapai 600 meter itu.
Ketebalan debu di desa-desa ini, sampai Kamis siang sudah mencapai 2 cm dan diperkiarakan akan bertambah bersamaan dengan menguatnya hembusan angin ke kawasan tersebut.

Pada letusan sebelumnya, gunung api paling aktif yang terdapat di antara Kabupaten Minahas, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahas Tenggara ini, cukup merepotkan warga. Suara gemuruh keras dan petir bisa terdengar hingga ke sejumlah wilayah yang cukup jauh dari gunung itu seperti Langowan, Kakas, Tompaso.

Gemuruh suara dari perut Soputan ini sempat didengar Hermanto Maindoka, warga Kakas. Warga yang panik sempat berlarian ke luar untuk menyelematkan diri. “Sekarang, sepertinya warga tidak kaget lagi, karena hal seperti ini sudah menjadi hal rutin terjadi,” tukas Wensy Sumampouw tentang letusan yang terjadi kali ini.
Meski belum ada laporan tentang korban jiwa, namun menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Minsel, Benny Lumingkewas, menjelaskan pemerintah kabupaten telah menginstruksikan para camat untuk memantau dan mendata kerugian di wilayah masing-masing.

By : Deky Geruh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: