Oleh: kfcngalah | Maret 31, 2009

CATATAN KRITIS : Ekskul Kita, Bagaimana Kabarmu Hari ini ?

Bicara tentang ekskul adalah salah satu media bagi siswa untuk mengekspresikan segala minat maupun bakat yang dimiliki. Tapi realitasnya kini, semakin hari semakin tidak jelas arah dan orientasinya. Dalam konteks ini, ada beberapa catatan kritis antara lain :

Pertama, arah dan orientasi ekskul MA-SMK DARUT TAQWA hanya berorientasi pada kegiatan yang bersifat reaksioner (sesuai dengan selera pembina). Kedua, Ekskul MA-SMK DARUT TAQWA hanya berorientasi pada aspek kognitif saja dan bahkan tidak sesuai dengan bakata, minat serta kebutuhan (basic need) peserta. Ketiga, ekskul MA-SMK DARUT TAQWA tidak punya visi dan misi dan jelas sehingga terkesan hanya menjadi sebuah lembaga yang loyo dan tanpa syahwat yang tinggi.

Solusi

  1. Ekskul kita seharusnya punya visi, misi dan orientasi yang jelas, sehingga mampu mengakomodir segala bakat serta minat yang dimiliki oleh siswa.
  2. ekskul MA-SMK DARUT TAQWA seharusnya menggunakan pola perpaduan antara konsep management IQ, EQ, SQ dan diarahkan pada “life skill education”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: