Oleh: kfcngalah | Maret 22, 2010

TIPS 10 CARA UNTUK MEREDAM KONFLIK

1.MENGALAH
Mengalah bukan berarti kita benar-benar kalah atau berbuat salah, ini hanya semata-mata agar konflik tidak berkembang menjadi lebih rumit. Tapi jangan selalu mengalah karena apabila anda melakukan itu bisa-bisa anda tidak akan dihargai oleh orang lain.

2.TIDAK EMOSI
Emosi sering kali menyelimuti orang yang sedang dilanda masalah, termasuk anda, tapi usahakan menghadapi dengan kepala dingin tidak dengan emosi tinggi sebab emosi orang juga akan terpancing.

3.MENAHAN DIRI
Jika kita dilanda masalah sebaiknya kita harus menahan diri sejenak. Kita tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada orang lain.

4.MEMBUAT KESEPAKATAN
Buatlah kesepakan aga masalah tidak berlanjut terlalu lama. Buat kesepakatan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

5.TETAP SOPAN DAN SANTUN
Hindari mengucapkan kata-kata yang kurang baik yang dapat menyakitkan perasaan orang lain. Sopan santun daptat membuat suasana menjadi sejuk sehingga konflik bisa diredam.

6.MENGHARGAI PENDAPAT
Hargailah pendapat orang lain agar konflik meredam. Menghargai pendapat belum tentu setuju, semata-mata agar konflik tidak berkembang.

7.HINDARI BANYAK BICARA
Hindarilah banyak bicara karena akan menimbulkan masalah baru. Tetapi jangan sekali-kali tidak berbicara, bisa membuat lawan bicara kecewa terhadapa anda.

8.TIDAK MENGUNGKIT MASA LALU
Setiap orang pasti memiliki masa lalu dan pernah berbuat salah, yang harus anda lakukan hanya memberikan kesempatan & dukungan pada orang untuk memperbaiki kesalahan

9.JANGAN MEMBESAR-BESARKAN MASALAH
Lebih dominant adalah wanita yang sedang mempunyai konflik dengan orang dan justru membesar-besarkan masalah. Tapi tidak menutup kemungkinan pria juga dapat melukukannya.

10.JANGAN ULANGI MEMBUAT SALAH
Jangan ulangi membuat kesalahan yang serupa karena dapat mengecewakan orang lain.(ind)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: