Oleh: kfcngalah | Oktober 30, 2010

Etika Dalam Berprofesi Di Dunia Teknologi Informasi

Dalam hidup bermasyarakat, bernegara hingga pergaulan hidup tingkat internasional di perlukan etika yang mengatur bagaimana seharusnya manusia bergaul dan bertingkah laku.  Dengan adanya etika kita dapat saling menghormati yang dikenal dengan sebutan sopan santun, tata krama, protokoler dan lain-lain.

Perkataan etika atau lazim juga disebut etik, berasal dari kata Yunani yaitu ETHOS yang mempunyai arti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi perilaku manusia yang baik, ada dua macam etik yang menentukan baik dan buruknya prilaku manusia :

1. Etika Deskriptif, yaitu etik yang berusaha melihat secara kritis dan rasional sikap dan prilaku manusia dan apa yang menjadi tujuan bagi manusia dalam hidup ini sebagi sesuatu yang bernilai. Etik deskriptif memberikan fakta sebagai landasan untuk mengambil keputusan tentang prilaku atau sikap yang akan diambil.

2. Etika Normatif, yaitu etik yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola prilaku yang pas bagi manusia yang seharusnya telah dimiliki oleh manusia dalam hidup ini. Etika normatif memberi nilai sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.Istilah profesi telah dimengerti oleh masyarakat umum bahwa suatu hal yang berhubungan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian(skill), sehingga banyak orang yang bekerja tetap sesuai dengan keahlian saja, yang diperoleh dari pendidikan kejuruan, juga belum cukup disebut profesi. Tetapi perlu penguasaan teori sistematis yang mendasari praktek pelaksanaan, dan hubungan antara teori dan penerapan dalam praktek.

Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian. Sedangkan Profesional adalah orang yang mempunyai profesi atau pekerjaan purna waktu dan hidup dari pekerjaan itu dengan mengandalkan suatu keahlian. Atau seorang profesional adalah seseorang yang hidup dengan mempraktekkan suatu keahlian tertentu atau dengan terlibat dalam suatu kegiatan tertentu yang menurut keahlian, sementara orang lain melakukan hal yang sama sebagai sekedar hobi, untuk senang-senang, atau untuk mengisi waktu luang.

Kode yaitu tanda atau simbol seperti kata-kata, tulisan atau benda yang telah disetujui untuk maksud-maksud tertentu, misalnya untuk menjamin suatu berita, keputusan atau suatu kesepakatan suatu organisasi. Kode juga dapat berarti kumpulan peraturan yang sistematis.

Kode etik yaitu norma atau azas yang diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan prilaku sehari-hari di masyarakat maupun di tempat kerja.

MENURUT UU NO. 8 (POKOK-POKOK KEPEGAWAIAN)

Kode etik profesi adalah pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tugas dan dalam kehidupan sehari-hari. Kode etik profesi sebetulnya tidak merupakan hal yang baru. Sudah lama diusahakan untuk mengatur tingkah laku moral suatu kelompok khusus dalam masyarakat melalui ketentuan-ketentuan tertulis yang diharapkan akan dipegang teguh oleh seluruh kelompok itu. Salah satu contoh tertua adalah SUMPAH HIPOKRATES yang dipandang sebagai kode etik pertama untuk profesi dokter. Dengan membuat kode etik, profesi sendiri akan menetapkan hitam atas putih niatnya untuk mewujudkan nilai-nilai moral yang dianggapnya hakiki. Hal ini tidak akan pernah bisa dipaksakan dari luar.
Jadi etika didalam dunia profesi sangat diperlukan, karena dengan etika kita bisa menjalin pergaulan hidup dengan sopan santun, saling menghor mati, dan mempunyai tata krama, dalam pergaulan hhidup yang semestinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: