Oleh: kfcngalah | Mei 29, 2011

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA oleh Mahasiswa Yudharta

Latar Belakang
Selama hidupnya, manusia senantiasa mempelajari dan melakukan perubahan-perubahan terhadap kebudayaannya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan. Hal ini adalah sesuatu yang wajar sebab kebudayaan diciptakan dan diajarkan dari satu generasi  ke generasi berikutnya untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri, baik secara perorangan maupun berkelompok. Dari kenyataan ini, tidak ada satupun kebudayaan dan perwujudan kebudayaan yang bersifat statis (tidak mengalami perubahan).
Adanya pertukaran unsur-unsur budaya karena globalisasi ini mengakibatkan dampak-dampak yang besar bagi masyarakat. Hal ini merupakan tantangan bagi bangsa Indonesia untuk dapat menyikapi secara bijaksana. Globalisasi merupakan suatu gejala terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi yang mengikuti sistem nilai dan kaidah yang sama antara masyarakat di seluruh dunia karena adanya kemajuan transportasi dan komunikasi sehingga memperlancar interaksi antar warga dunia.
Selain proses modernisasi dan globalisasi, ada juga proses yang disebut reformasi, proses dimana perbaikan atau penataan ulang terhadap faktor rehabilitasi yang terdapat pada masyarakat. Dengan kemajuan teknologi dan komunikasi yang bisa merubah semuanya untuk lebih baik dan terarah. Dan didasarkan pada perencanaan pada proses disorganisasi, problem, konflik antar kelompok dan hambatan-hambatan terhadap perubahan.
Rumusan Masalah
Dari uraian tersebut, dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut :
1. Faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi perubahan sosial budaya di  masyarakat ?
2. Bagaimana perubahan sosial budaya terhadap perkembangan masyarakat?
3. Bagaimana pengaruh modernisasi dan globalisasi terhadap perkembangan tentang pengetahuan dan teknologi ?
Tujuan dan Manfaat
Tujuan : Untuk mengetahui perubahan sosial budaya pada perkembangan masyarakat Indonesia untuk menghadapi modernisasi dan globalisasi dengan mengetahui :
1. Dampak perubahan sosial budaya pada modernisasi dan globalisasi.
2. Perkembangan masyarakat dengan adanya kemajuan teknologi.
3. Manfaat dari modernisasi dan globalisasi di masyarakat.
Manfaat : Untuk kepentingan praktis, yaitu sebagai referensi untuk membantu pengambilan keputusan bagi pembuat kebijakan tentang perubahan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat Indonesia sehingga bisa dilakukan langkah-langkah agar perubahan sosial budaya yang diharapkan bisa dilakukan dan dilaksanakan terutama pada perkembangan masyarakat.
Dan manfaat penulisan makalah ini untuk kepentingan teoritis, yaitu bisa menjadi masukan dalam kajian ilmiah tentang perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat.
Kesimpulan
Dari uraian pembahasan diatas dapat saya simpulkan sebagai berikut :
1. Globalisasi merupakan suatu tatanan mendunia yang tercipta akibat adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga unsur-unsur budaya suatu kelompok masyarakat bisa dikenal dan diterima oleh kelompok masyarakat lainnya.
2. Globalisasi diambil dari kata globe, yang berarti bola dunia. Globalisasi merupakan suatu gejala terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi yang mengikuti sistem nilai dan kaidah yang sama antara masyarakat di seluruh dunia karena adanya kemajuan transportasi memperlancar interaksi antar warga dunia.
3. Pengaruh globalisasi yang memberi nilai-nilai positif wajib kita serap, terutama yang tidak menyebabkan benturan dengan budaya kita, misalnya disiplin, kerja keras, menghargai orang lain, rasa kemanusiaan, demokrasi.
4. Tidak semuanya pengaruh globalisasi dan modernisasi membawa keburukan tetapi juga ada sisi praktis yang bisa diambil dari itu.
Saran
1. Filter (penyaring) yang paling mendasar adalah kita kembali kepada ajaran agama. Keimanan dan ketakwaan yang teguh akan menyaring pengaruh kebudayaan barat dan kebudayaan bangsa lain. Hal ini harus dilakukan oleh segenap tokoh agama, masyarakat, pendidik dan para pemimpin.
2. Dengan penguasaan Iptek,  kita tidak akan tertinggal dari negara-negara maju. Bahkan kita sejajar/sederajat dalam percaturan internasional.
3. Dengan Iptek akan membawa efisiensi tenaga dan biaya.
4. Dengan adanya Iptek, kita akan lebih mudah mengoperasikan peralatan.

SISTEMATIKA
Pendahuluan
Gambaran Keadaan Sekarang
Identifikasi Masalah
Alternatif Pemecahan Masalah
Kesimpulan

Jika anda menginginkan makalah tersebut silahkan dowbload disini .

Cover

Makalah

lain-lain

Iklan

Responses

  1. perubahan sosial adalah dimana suatu individu bisa membuat/membentuja suatu organisi seperti perpindahan penduduk ke tempat satu dgan tempat yang lain….

    • Perubahan disini yang menjadi penentu sosial adalah pada lingkungan yang berkaitan dengan kehiduoan sosial masyarakat yang terus berkembang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: